AL QURAN

Sabtu, 24 Desember 2011

7 Langkah Promosikan Bisnis secara Gratis



Ahad, 24 Agustus 2011 13:27
Sebagai entrepreneur baru atau  pemilik usaha rintisan di bidang online, pernahkah Anda merasa putus asa dengan situs bisnis Anda yang tetap kurang dikenal? Anda merasa sudah mengeluarkan banyak uang untuk anggaran pemasaran dan periklanan tetapi toh tidak secara signifikan menggenjot popularitas situs Anda.

Untungnya ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh para pemasar (marketer) dan pemilik bisnis untuk memecahkan masalah ini tanpa harus tercekik dengan pengeluaran yang melambung. 


Berikut kami paparkan hal-hal yang dapat Anda gunakan untuk mendongkrak popularitas situs Anda dengan gratis:

Jejaring sosial
Dengan menggunakan jejaring sosial, Anda bisa terlibat dalam berbagai percakapan orang-orang yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama atau bahkan berlainan tetapi masih relevan.

Video
Apakah Anda mempromosikan produk atau jasa, membuat video ialah cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Di samping itu, video cenderung lebih bisa disebarluaskan dan meraih banyak penonton.

Blog dan forum
Serupa dengan jejaring sosial, blog dan forum ialah tempat terbaik untuk memulai menciptakan sebuah dialog. Salah satu cara yang murah dan bermanfaat dalam mempromosikan situs secara online ialah dengan menciptakan sebuah blog yang menyajikan tentang produk dan jasa dari perusahaan Anda. Tidak hanya itu akan memberikan peluang bagi Anda untuk berbicara tentang peristiwa-peristiwa baru di bidang industri Anda tetapi juga mulai berinteraksi dengan para pengunjung di situs Anda, di mana Anda bisa berpromosi tentang usaha online sebanyak yang Anda mau. Anda ingin berguna, membantu orang lain dan memberikan informasi berharga untuk mendapatkan manfaat maksimum dari media ini.

Press release
Satu cara mendapatkan pelanggan baru ialah dengan menyusun press release tentang jasa, produk atau bisnis Anda. Cobalah meninggalkan press release yang sangat komersil yang hanya menunjukkan perusahaan Anda dalam perspektif positif. Fokuslah pada sudut pandang unik yang akan menarik perhatian pengunjung terhadap sesuatu yang Anda lakukan atau suatu aspek menarik dalam usaha Anda.

Situs sumber lokal dan iklan terklasifikasi

Jika Anda adalah pemilik usaha offline yang sedang mencari metode promosi untuk usaha Anda, pastikan Anda terdaftar dalam semua situs yang berhubungan dengan daerah sekitar Anda. Ini meliputi situs surat kabar lokal, portal lokal, situs nasional atau lokal yang berfokus pada usaha-usaha seperti Yelp, CitySearch, Koprol, Urbanesia, dan sebagainya.

Newsletter surel
Tak hanya akan menyusun sebuah daftar surel yang bisa membantu Anda berinteraksi lebih sering dengan pelanggan, ini juga cara yang baik untuk mempromosikan orang-orang yang sangat tertarik pada produk atau jasa Anda. Newsletter bisa menjadi salah satu alat pemasaran online yang paling kuat karena Anda menjadi lebih sedikit mengandalkan mesin pencari dan cara-cara lain untuk menghasilkan traffic ke situs Anda.

Kontes dan hadiah
Untuk bisa berhasil dalam mengadakan kontes dan pemberian hadiah, Anda harus memberikan kepada orang hal-hal yang berguna, bernilai dan berhubungan dengan bidang industri Anda. Hal terbaik tentang kontes/ lomba ialah Anda bisa memberikan produk secara cuma-cuma dan pengeluaran Anda hanyalah biaya produk. Promosikan kontes dan pemberian hadiah di blog, forum, press release, video dan newsletter. ciputraentrepreneurship.com

Senin, 19 Desember 2011

MARKETING & SALES: Smart Promotion

  
19 Desember 2011 pukul 12:53

Produsen sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi promosi produk sangat dibutuhkan karena tanpa adanya kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan produk mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.

Kegiatan promosi produk, tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Bagi kita yang memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan promosi produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah kreatifitas kita untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana. Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan menghasilkan respon pasar yang lebih optimal. Berikut 18 cara promosi yang cerdas, yaitu:

1. Menyusun Daftar Rencana Promosi
Susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen, mulai dari tujuan promosi, target pasar, nilai lebih produk yang akan ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk kita kepada konsumen.

2. Tentukan Konsep Promosi Sebelum Memulai Usaha
Cari tahu mengenai besarnya minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk kita. Selanjutnya tentukan konsep promosi yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo atau slogan khusus pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnis kita.

3. Pilih Sasaran Pasar yang Tepat
Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokuskan target pasar produk kita kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan sesuai dengan produk kita. Bila produk kita sudah tersebar dan dikenal masyarakat, kita dapat memperluas sasaran pasar.

4. Fokus Terhadap Konsumen
Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan konsumen dengan memberikan informasi bagaimana produk kita bermanfaat untuk mereka.

5. Penuhi Permintaan Konsumen
Konsumen merupakan orang yang paling tahu kebutuhan apa yang mereka inginkan, oleh karena itu dengarkan permintaan mereka dan penuhi dengan menciptakan produk yang diinginkan konsumen. Agar produk yang kita ciptakan sesuai dengan permintaan konsumen saat ini.

6. Berikan Informasi Gratis
Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk kita, misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan website yang memberikan informasi gratis dengan berita up to date, bila perlu kirimkan sms untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk kita.

7. Gunakan Online Marketing
Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para konsumen sebagai bentuk  berkomunikasi. Bisa juga dengan membuat grup melalui facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui informasi produk kita melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun internasional.

8. Manfaatkan Relasi Media
Usahakan agar bisnis kita dimuat di media massa atau elektronik, sehingga informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan gratis. Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media yang ingin meliputnya. Perluas jaringan kita dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan bisnis kita.

9. Masuklah Dalam Komunitas
Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya. Jika kita menjual pada komunitas yang sering kita ikuti, maka tidak diperlukan lagi biaya iklan.

10. Memasang Papan Iklan
Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat promosi yang bagus karena mudah dilihat dan dibaca orang yang melewati lokasi tersebut.

11. Lakukan Hal Kecil yang Berdampak Besar
Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar mandi yang bersih, mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang menarik, serta kebersihan lokasi usaha kita ternyata mempengaruhi image konsumen terhadap bisnis dan produk yang kita tawarkan.

12. Berikan Hadiah untuk Konsumen
Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis atau softdrink gratis. Memberi hadiah seperti itu ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang menggunakan produk kita. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali menggunakan produk kita.

13. Gunakan Strategi Word of Mouth
Promosi paling efektif adalah pemasaran melalui mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka akan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi produk Kita tersebar di kalangan masyarakat.

14. Hindari Meniru Produk Ternama
Hindari penggunaan strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah digunakan dan memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.

15. Jangan Menganggap Pesaing sebagai Musuh
Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan competitor hanya akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi persaingan harga. Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang harganya stabil.

16. Promosi Silang (Cross-promote)
Masukkan promosi produk terbaru kita yang siap dilaunching, pada setiap kegiatan promosi yang kita lakukan. Sehingga dalam satu kali kegiatan promosi, bisa menginformasikan produk yang kita miliki semaksimal mungkin.

17. Iklan Alternatif Akhir
Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena biasanya memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih tempat iklan yang tepat pada sasaran kita. Agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

18. Menunggu Hasil
Yang terakhir sabar menunggu hasil, karena penjualan merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa langsung memberikan hasil saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk kita, dan biarkan waktu yang bekerja untuk menjualkan produk kita.

Dapatkan artikel MARKETING & SALES lainnya di Portal Wirausaha Indonesia, silakan klik http://jpmi.or.id